Rabu, Oktober 5, 2022

Arti Bisnis yang Baik: 5 Cara Membangun Bisnis Penjualan Langsung yang Profesional dengan Tanggung Jawab

Arti Bisnis yang Baik: Sukses dalam penjualan langsung dapat memiliki arti yang berbeda bagi tiap orang.

Tanyakan kepada 10 distributor yang berbeda, dan mereka semua mungkin menawarkan ide yang berbeda.

Di QNET, kami selalu percaya bahwa kesuksesan dibangun di atas hubungan kepercayaan yang kokoh dan saling menghormati antara penjual langsung dan pelanggan, fondasi yang hanya dapat diletakkan oleh tenaga penjualan yang menjunjung tinggi prinsip kejujuran dan integritas.

Kode Etik QNET — yang didasarkan pada Kebijakan dan Prosedur perusahaan dan merinci standar yang diharapkan akan dicita-citakan oleh distributor — sangat komprehensif dalam hal ini.

Namun, pada intinya, menjadi etis dan profesional adalah tentang mempertahankan standar perilaku yang tinggi yang selalu mengutamakan pelanggan.

Dan hal itu tidak sulit. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam interaksi sehari-hari:

Bersikaplah jelas dan jujur

Jika ada satu hal yang tidak bisa dimaafkan oleh pelanggan — dan tidak ditoleransi oleh QNET — itu adalah Perwakilan Independen yang tidak jujur.

“Selalu Bisa Closing mungkin menjadi mantra banyak dari kita dalam penjualan. Namun demikian, tujuan menyegel kesepakatan tidak boleh menjadi alasan untuk memutarbalikkan fakta tentang produk dan layanan atau salah menggambarkan suatu organisasi.

Memang, banyak orang yang telah mengambil jalan pintas yang tidak berprinsip menuju sukses dan telah menemukan bahwa, itu sering kali berakhir dengan kerugian besar bagi reputasi dan bisnis seseorang.

Ingat, kepercayaan pelanggan itu rapuh. Jadilah sejelas dan sejujur mungkin.

Dan ketika Anda tidak yakin dengan faktanya, tidak apa-apa untuk mengatakannya kepada pelanggan dan prospek, tetapi berusahalah untuk menyampaikan informasi kepada mereka secara langsung.

Berhati-hatilah dengan kompetisi, tetapi jangan menjelek-jelekkan rival

Bagian dari menjadi penjual langsung yang hebat adalah memiliki pengetahuan tentang produk dan bisnis Anda dan juga penawaran pesaing.

Faktanya, menganalisis persaingan dan menggunakan informasi itu untuk meningkatkan praktik sendiri adalah strategi pertumbuhan bisnis yang penting.

Karena itu, yang tidak boleh Anda lakukan adalah meremehkan pesaing Anda, terutama mereka yang bukan sebagai pelanggan Anda.

Ya, diperbolehkan untuk mengkritik fitur produk dan layanan yang tersedia di pasar dan menjelaskan apa yang membuat organisasi dan penawaran Anda unik.

Namun berhati-hatilah untuk tidak memfitnah atau meremehkan siapa pun, karena hal itu tidak hanya tidak etis, tetapi juga membuat Anda terlihat picik dan pahit serta merusak reputasi QNET.

Atasi keluhan dan masalah secara langsung

Anda tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang. Terlepas dari seberapa keras Anda bekerja sebagai penjual langsung, pada titik tertentu, Anda akan menghadapi orang-orang yang tidak bahagia.

Solusinya, bagaimanapun, adalah tidak mengabaikan atau lari dari masalah tetapi menghadapinya dengan tenang dan anggun.

Bahkan ketika keluhan tidak terkait langsung dengan layanan Anda — misal, dalam kasus masalah rantai pasokan — selalu berusaha untuk mengakui keluhan, meminta maaf, dan menawarkan bantuan untuk mencari solusi.

Kebetulan, semua keluhan terkait produk dan layanan harus segera diteruskan ke QNET, karena perusahaanlah, bukan distributor independen, yang bertanggung jawab penuh dan memfasilitasi pengembalian uang, jika diperlukan.

Menepati janji

Terlepas dari apakah Anda telah berjanji untuk memberikan lebih banyak informasi kepada prospek Anda atau bahkan hanya untuk membalas panggilan telepon, selalu pastikan untuk menghormati komitmen Anda.

Apakah Anda ingat pepatah tentang kata-kata seseorang tentang sebuah ikatan?

Nah, keberhasilan penjualan langsung seringkali ditentukan oleh seberapa setia distributor terhadap janji yang mereka buat.

Melewatkan pertemuan atau panggilan aneh mungkin tampak bukan sebuah masalah besar. Tetapi setiap kali penjual langsung melakukan ini, kerusakan yang merugikan terjadi pada kredibilitas mereka dan hubungan pelanggan-penjual akan membutuhkan waktu lama untuk dibangun.

Arti bisnis yang baik, berempati, tidak egois

Baik Anda berbicara dengan pelanggan lama atau prospek baru, penting untuk menghargai bahwa situasi setiap orang adalah unik.

Mungkin pelanggan Anda tidak dalam posisi keuangan atau mental yang tepat untuk melakukan pembelian saat ini. Mungkin produk dan layanan tidak memenuhi kebutuhan mereka saat ini.

Tugas penjual langsung adalah mendengarkan klien mereka, berempati dan tidak pernah mendesak mereka untuk melakukan penjualan.

Ingat, penjualan langsung, pada dasarnya, adalah bisnis orang. Dan hubungan antar manusia selalu membutuhkan pengertian. Lakukan dengan benar, dan Anda dapat membangun hubungan yang dapat bertahan lama bagi Anda, dan bisnis Anda, selama bertahun-tahun.

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini