Apa itu kopi hijau dan Apa perbedaan dengan kopi hitam? - QNET

Keberadaan kopi hijau atau green coffee semakin populer dari masa ke masa. Popularitasnya terlihat dari jumlah brand yang menjual kopi hijau dalam kemasan modern. Faktor utama yang membuat kopi hijau sangat terkenal adalah manfaatnya untuk kesehatan.

Mengenal Kopi Hijau

Apa itu kopi hijau? Apa bedanya dengan kopi hitam? Bisakah penggemar kopi hitam seperti saya beralih ke kopi hijau?

Para penikmat kopi seringkali melontarkan pertanyaan-pertanyaan seperti di atas. Apalagi setelah mendengar istilah ‘kopi hijau’, banyak yang berpikir bahwa kenikmatan minum kopinya akan berkurang.

Pada dasarnya, kopi hijau adalah biji kopi yang masih mentah dan natural, tidak melalui proses penggorengan seperti kopi hitam. Proses ini lah yang membuat warna biji kopi hitam berbeda dari kopi hijau.

Kopi hijau, di sisi lain, memiliki tingkat asam klorogenat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi hitam. Asam ini lah yang bertanggung jawab akan banyaknya antioksidan yang dikandung kopi hijau dan segudang manfaat kopi hijau lainnya.

Para ahli menyebut chlorogenic acid sebagai salah satu zat yang mendorong pembakaran lemak pada pasien obesitas dan menstabilkan tekanan darah pada pasien hipertensi. Namun bukan berarti orang sehat tidak boleh mengonsumsi kopi hijau, lho.

Apa Bedanya Kopi Hijau dan Kopi Hitam?

perbedaan kopi hijau dan kopi hitam - QNET

Mungkin Anda sudah terbiasa minum kopi hitam, yang merupakan biji kopi yang sudah disangrai atau digoreng. Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata ‘kopi hijau’?

Jangan salah, ya. Ini bukan kopi yang berasal dari pohon kopi hijau.

Baik kopi hitam dan kopi hijau berasal dari pohon yang sama. Seperti yang disebutkan di atas, kopi hijau tidak melalui proses sangrai dan masih murni.

Kopi hijau bahkan mendapat predikat sebagai pelopor kopi kesehatan karena banyak menawarkan kelebihan dan manfaat. Di sisi lain, menyangrai kopi mengurangi banyak sekali nutrisi, senyawa aktif, dan antioksidan dalam biji kopi.

Tentu saja untuk penikmat rasa, kopi hitam tidak ada duanya. Proses sangrai membuat kopi hitam memiliki rasa dan aroma yang nikmat, serta rasa pahit yang lebih rendah.

Tapi tidak ada salahnya, kan, mencoba kopi hijau?

Kopi Hijau dan Kesehatan

Menurut para ahli, kopi yang tidak melalui proses goreng atau sangrai memiliki kandungan asam klorogenat yang tinggi. Salah satu manfaat asam ini untuk kesehatan adalah untuk merangsang metabolisme.

Tidak hanya merangsang metabolisme, kopi hijau masih menyimpan segudang manfaat kesehatan untuk peminumnya. Mulai dari meningkatkan energi hingga mencegah Alzheimer, kopi yang satu ini cukup menarik untuk diulas.

Apa Saja Kelebihan Kopi Hijau?

1. Meningkatkan energi

Kopi merupakan salah satu sumber kafein yang menstimulasi tubuh untuk memproduksi lebih banyak energi. Namun belum ada penelitian lebih lanjut tentang tingkat efektivitas kopi hijau dalam meningkatkan energi.

Tentu saja tidak ada salahnya menjadikan green coffee sebagai bagian rutinitas pagi hari Anda.

2. Mengatasi obesitas

Hal berikutnya yang membuat kopi hijau sangat menarik untuk dikonsumsi adalah kemampuannya untuk mendorong penurunan berat badan.

Gastroenterology Research and Practice merilis penelitian tentang kopi hijau dan menurunkan berat badan. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa partisipan yang mengkonsumsi ekstrak kopi hijau lebih cepat turun berat badannya daripada partisipan yang menggunakan plasebo.

Penelitian lain dari Journal of Evidence-Based Integrative Medicine di tahun 2013 juga mendukung pernyataan sebelumnya. Penelitian ini menyebutkan bahwa ekstrak kopi hijau terbukti menurunkan berat badan hingga 8 kilogram.

3. Meredakan hipertensi

Anda memiliki masalah tekanan darah tinggi? Kopi hijau bisa jadi salah satu minuman harian Anda.

Penelitian di tahun 2006 dari Jepang mendukung pernyataan di atas. Hasil penelitian menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak kopi hijau secara rutin dapat menurunkan tekanan darah diastolik hingga 3 mmHg dan tekanan darah sistolik hingga 5 mmHg pada penderita hipertensi.

Perlu diingat bahwa terdapat pengecualian untuk kondisi tertentu. Individu yang sensitif kafein, misalnya, tidak disarankan untuk minum kopi hijau dalam bentuk apapun.

Ada baiknya jika berkonsultasi dengan dokter atau pakar kesehatan sebelum minum kopi hijau ketika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu.

4. Mengontrol gula darah

Kandungan chlorogenic acid dalam kopi hijau terhitung tinggi. Asam klorogenat merupakan varian polifenol yang melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, polifenol juga berperan dalam mengontrol glukosa tubuh agar tetap seimbang.

Penelitian di tahun 2010 yang melibatkan tikus diabetes menunjukkan hasil yang luar biasa. Memberikan asam klorogenat sebanyak 5 mg/kg berat badan terbukti dapat menstabilkan kadar gula darah tikus-tikus tersebut.

Di tahun 2009, Australia juga melakukan penelitian serupa kepada manusia. Partisipan yang mengkonsumsi 3-4 cangkir kopi yang mengandung asam klorogenat tinggi namun tanpa kafein, berhasil menurunkan resiko diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

Sayangnya penelitian yang sudah ada tidak menggunakan manusia sebagai subjek yang diteliti.

5. Mencegah Alzheimer

Alzheimer bukan lagi penyakit langka. Setiap manusia yang menginjak usia 60 tahun memiliki kemungkinan untuk mengidap penyakit ini.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi kopi hijau secara rutin dapat mengurangi gejala kognitif dan saraf yang nantinya mengakibatkan Alzheimer.

Nutritional Neuroscience merilis hasil penelitiannya di tahun 2012. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa antioksidan yang terkandung dalam kopi hijau mampu mempertahankan metabolisme normal pada otak. Penurunan metabolisme otak atau kepikunan merupakan penyebab utama Alzheimer.

Penelitian lain di tahun 2017 juga menunjukkan bahwa kopi hijau mampu mengurangi stres oksidatif di otak. Sifatnya menjadi pelindung saraf di otak.

6. Mencegah penuaan

Penuaan menjadi salah satu momok paling menakutkan untuk banyak orang.

Polifenol yang terkandung dalam kopi hijau memiliki kemampuan untuk mengurangi efek penuaan. Antioksidan tersebut berkontribusi dalam memperbaiki elastisitas kulit dan sirkulasi darah pada tubuh manusia.

Selain itu, ahli menyebutkan bahwa konsumsi kopi hijau menghidrasi kulit dengan baik, meminimalisir kulit kering, dan meningkatkan pH permukaan kulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi asam klorogenat rutin selama delapan minggu dapat memberikan hidrasi yang sempurna pada kulit. Hasilnya adalah kulit tampak dan terasa lembab.

Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

Apa itu kopi hijau - QNET

Kopi merupakan salah satu minuman populer di penjuru di dunia. Mulai dari espresso hingga frappe, tak heran jika minuman yang satu ini memiliki banyak penggemar, dari berbagai kalangan.

Lalu, kapan waktu terbaik minum kopi?

Sains menyatakan bahwa ada waktu-waktu tertentu yang tepat untuk minum kopi. Beberapa orang merasa cukup dengan satu cangkir kopi di pagi hari, namun tak sedikit yang bisa menghabiskan tiga mug dalam satu hari.

Minum kopi di pagi hari

Menurut sains, waktu yang pas untuk minum kopi adalah di pagi hari sekitar pukul 9 hingga 11. Minum kopi terlalu awal dapat menurunkan efektivitas kafein dalam meningkatkan energi. Menurut ahli, kortisol atau hormon stres sedang berada di level tertinggi hingga dua jam setelah bangun tidur.

Penelitian juga menyebutkan bahwa minum kopi dapat meningkatkan kortisol. Maka minum kopi terlalu pagi bukan hal yang ideal.

Minum kopi sebelum olahraga

Apakah Anda suka berolahraga atau pergi ke gym? Minum kopi dapat meningkatkan performa selama di gym, lho!

Kopi terkenal dengan kemampuannya dalam meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Selain itu, minuman satu ini juga meningkatkan performa dalam berolahraga; tentu saja karena kafein.

Daripada Anda menghabiskan budget untuk suplemen sebelum olahraga, lebih baik Anda mengkonsumsi kopi hijau.

Minum kopi 30 hingga 60 menit sebelum olahraga adalah saat yang pas untuk meningkatkan energi.

QAFE – Kopi Hijau Penuh Nutrisi

Tertarik mengkonsumsi kopi hijau? QNET memproduksi kopi hijau penuh nutrisi alami yang baik untuk kesehatan.

Qafe Green Coffee merupakan produk QNET yang diracik secara profesional dengan teknologi tinggi untuk menghasilkan kopi hijau yang tidak hanya enak, tapi juga sehat.

Salah satu khasiat utama dari kopi hijau ini adalah menurunkan berat badan. Jika Anda merasa tubuh semakin berat untuk bergerak, konsumsi QAFE dapat membakar lemak lebih banyak ketika berolahraga, bahkan ketika Anda beristirahat.

Penelitian dan berbagai uji coba telah membuktikan bahwa khasiatnya terasa sejak cangkir pertama!

Kenapa harus QNET?

QNET merupakan salah satu produsen kopi hijau sehat pertama di dunia. Produknya bahkan sudah terjual di berbagai negara, terutama kopi hijau yang satu ini.

Selain itu, QNET merupakan network marketing professional yang telah merajai pasar Asia. Kemampuan perusahaan ini dalam memasarkan produk secara sustainable dan mengedepankan kualitas membuat QNET selalu menjadi yang terbaik di kancah persaingan.

Bisnis QNET selalu memperkenalkan produk terbaik dan berkualitas kepada konsumen. Oleh karena itu, keaslian dan efektivitas dari setiap produk sudah terjamin.

Efek Samping Terlalu Banyak Minum Kopi

Kopi hijau tentu saja aman untuk dikonsumsi orang dewasa, apalagi QAFE dari QNET.

Namun tentu saja kopi hijau memiliki efek samping seperti kopi pada umumnya. Perlu diingat, bahwa Anda memiliki masalah sensitivitas tinggi terhadap kafein, tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi dalam bentuk apapun.

Ketika mengkonsumsi kafein terlalu banyak, beberapa efek negatif akan terasa pada tubuh Anda. Hal yang paling umum terjadi ketika terlalu banyak konsumsi kafein adalah kecemasan, sulit tidur, dan peningkatan tekanan darah.

Kopi hitam yang telah melewati proses sangrai disinyalir kehilangan kandungan kafein hingga beberapa persen.

Mengingat kopi hijau tidak menggunakan metode roasting sama sekali, tingkat kafein di dalamnya disinyalir lebih tinggi daripada kopi hitam.

Efek samping seperti yang disebutkan di atas dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi kopi hijau dalam takaran yang pas saja; tidak kurang, tidak lebih.

Kesimpulan

Dari penjabaran di atas dapat disimpulkan bahwa kopi hijau dan kopi hitam berasal dari pohon yang sama. Warna biji yang berbeda disebabkan oleh proses sangrai.

Proses sangrai menghilangkan banyak nutrisi dan antioksidan yang terkandung dalam kopi, sehingga kopi hijau disebut sebagai kopi sehat yang kaya nutrisi.

Berbagai kebaikan ditawarkan oleh kopi hijau. QNET, sebagai produsen kopi hijau, menawarkan QAFE sebagai kopi pilihan Anda. Dengan metode pemasaran jaringan, QNET hanya memperkenalkan produk berkualitas yang telah teruji kebaikannya.

Seperti kopi pada umumnya, terlalu banyak konsumsi kafein dapat menimbulkan masalah lain, yang meliputi insomnia, kecemasan, sakit perut, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, minumlah dengan moderasi!

Baca juga : Cara Mengurangkan Berat Badan yang Bisa Kamu Terapkan