Selasa, November 29, 2022

8 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Rutin Menggunakan Skincare

Memiliki kulit yang sehat merupakan aset yang sangat berharga. Tak hanya meningkatkan daya tarik, melainkan juga untuk mencegah penyakit yang tidak anda inginkan. Jadi, tak ada salahnya jika menggunakan produk skincare sebagai tindakan pencegahan.

Meskipun terdengar sepele, skincare memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan. Kecantikan yang dimaksud adalah kecantikan secara umum. Bukan hanya tergantung dari gender

Tak hanya menjaga penampilan kulit, penggunaan skincare secara rutin juga membuat kulit anda jauh lebih sehat. Hal ini tentu saja tergantung dari produk skincare apa yang anda pilih untuk anda pakai.

Apa Itu Skincare?

Photo by Christin Hume on Unsplash

Secara harfiah, skincare berarti perawatan kulit. Produk-produknya dirancang khusus untuk membuat kulit anda terlihat dan terasa lebih baik.

Sejak zaman dahulu, skincare routine atau rangkaian produk perawatan kulit telah beredar secara luas. Bukan hanya sebagai produk kecantikan saja, tapi juga sebagai produk kesehatan.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Skincare Secara Rutin

Seberapa perlukah skincare anda gunakan secara rutin? Meskipun manfaatnya sudah banyak diketahui, anda mungkin masih belum yakin dengan menggunakan produk skincare.

Hal tersebut sangatlah wajar. Karena, penggunaan skincare selama ini berada pada kasta spesial. Paradigma skincare yang merupakan produk high-end membuat beberapa orang ragu memakainya.

Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya agar anda lebih yakin untuk menggunakan skincare routine setiap hari.

1.     Membantu Kulit berada Dalam Kondisi Baik

Banyak yang belum tahu fungsi skincare itu apa. Tak hanya menjaga kulit secara tampilan fisik, tapi juga menjaga kondisi kulit secara medis. Apalagi dengan fakta bahwa kulit anda mengelupas setiap hari.

Meskipun kadang tidak terlihat secara fisik, kulit selalu mengalami pengikisan secara terus-menerus. Sebenarnya, hal tersebut terjadi secara alami pada semua orang.

Skincare routine dapat memberikan nutrisi yang kulit anda butuhkan untuk kembali. Kulit yang “tumbuh” akan jauh lebih sehat dan dalam kondisi yang baik. Sehingga, kulit anda akan terlihat selalu dalam kondisi yang baik.

2.     Kondisi Kulit Setiap Orang Berbeda

Pada dasarnya, produk skincare memberikan nutrisi tambahan pada kulit yang mengalami kerusakan. Anda bisa saja menemukan orang dengan kondisi kulit yang baik meski tidak memakai skincare routine. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan anda tidak menggunakan skincare.

Anda harus memahami terlebih dahulu kondisi kulit anda secara umum. Anda juga harus mengerti dengan pengaruh aktivitas anda terhadap kulit anda. Dengan begitu, anda bisa menentukan skincare routinemana yang cocok untuk anda.

3.     Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Peribahasa tersebut sangatlah cocok untuk anda yang masih ragu menggunakan produk skincare. Mencegah kerusakan menggunakan skincare akan mengurangi resiko anda terkena penyakit kulit yang lebih parah.

Selain itu, biaya pengobatan terhadap penyakit kulit akan jauh lebih mahal jika anda bandingkan dengan harga produk skincare routine. Jadi, anda akan lebih menghemat pengeluaran anda.

Apalagi jika anda menggunakan rangkaian produk skincare dari QNET yang tak hanya membuat kulit anda terlihat indah, tapi juga sehat. Selain itu, anda juga dapat menjadikan kegiatan merawat kulit sebagai investasi untuk masa depan.

4.     Melindungi Bagian Terluar Tubuh

Kulit merupakan bagian tubuh yang selalu terekspos dunia luar. Tak hanya melindungi dari partikel terlihat, kulit juga membantu anda dari terserang penyakit. Jika kulit melindungi tubuh anda, apa yang bisa melindungi kulit anda dari kerusakan?

Jawabannya tentu saja adalah dengan menggunakan skincare. Jika anda memakai skincare routine secara rutin, anda telah melindungi bagian tubuh terluar anda dari kerusakan yang fatal.

Dengan kata lain, skincareakan menjadi perisai dan pemugar bagian tubuh terluar yang melindungi anda.

5.     Meningkatkan Kepercayaan Diri

Photo by Mathilde Langevin on Unsplash

Pada dasarnya, kecantikan luar memang bukanlah segalanya. Tapi, anda akan jauh lebih percaya diri bila kulit anda dalam keadaan sehat. Tentu saja hal ini tidak ada kaitannya dengan warna kulit anda.

Apapun warna kulit anda, jika dalam kondisi yang sehat maka akan terlihat bersinar. Kulit yang sehat dan terlihat bersinar akan meningkatkan kepercayaan diri anda dalam menjalani hari.

Memang kita tidak boleh menilai seseorang dari tampilan luarnya saja. Tapi tak ada salahnya bukan kita merawat kulit agar sehat dan terlihat menarik?

6.     Menjadi Investasi Untuk Masa Depan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, melakukan perawatan kulit akan meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini akan membuat proses penuaan atau aging kulit anda akan berkurang.

Jika perawatan anda lakukan sejak dini, kulit anda akan jauh lebih sehat dari yang lain. Jadi, kekhawatiran anda terhadap kulit yang menua atau tidak sehat akan hilang.

Oleh karena itu, anda tinggal menikmati hasil dari perawatan kulit anda yang sudah anda lakukan sejak dini. Jadi, anda akan selalu terlihat awet muda dan bersinar.

7.     Kulit Terasa Lebih Nyaman

Tak hanya kesehatan saja, faktor kenyamanan diri juga sangat terpengaruh oleh kondisi kulit. Hal tersebut berkaitan karena ujung-ujung saraf letaknya dekat dengan kulit manusia.

Dengan skincare, anda bisa meningkatkan kualitas kulit anda. Karena, jika kulit tubuh anda terasa nyaman, resiko mengalami stress juga akan menjadi rendah. Hal ini akan membuat diri anda lebih leluasa berkegiatan dengan nyaman.

8.     Bagian Dari Gaya Hidup Sehat

Bagi mereka yang memilih mencuci muka saat pagi hari dan malam sebelum tidur akan cenderung mengambil keputusan yang baik pula di kesehariannya. Skincare routinebisa anda kombinasikan dengan perawatan gigi atau tubuh secara keseluruhan.

Jika hal-hal tersebut anda lakukan, maka hal ini akan memotivasi anda dan menjadikan diri lebih bahagia dan lebih sehat. Tentu saja, anda akan berada dalam mood yang baik jika anda dalam kondisi tubuh yang baik pula.

Siapa Saja yang Perlu Menggunakan Skincare?

Pada umumnya, anda mungkin beranggapan skincare adalah produk untuk perempuan saja. Ternyata, hal tersebut merupakan anggapan yang salah besar. Hal ini wajar terjadi karena produk kecantikan yang berkeliaran rata-rata pasarnya adalah perempuan.

Namun yang perlu anda ketahui dan pahami adalah kesehatan kulit anda tidak hanya memandang gender saja. Banyak faktor yang menentukan intensitas perawatan kulit pada seseorang.

Saat ini, lelaki juga sangat membutuhkan produk-produk skincare dan manfaatnya. Karena, bisa jadi kulit lelaki lebih rentan terhadap kerusakan karena pekerjaan atau kegiatannya.

Hal ini tak menutup kemungkinan juga untuk menggunakan skincare routine secara berkala untuk laki-laki. Karena pada akhirnya tak peduli gender anda, apapun warna kulit anda, resiko terkena gangguan kulit dan kulit rusak sama-sama tinggi.

Jika Tidak Memakai Skincare

Meski kulit anda terlihat sehat, penyakit kulit atau kulit rusak dapat terjadi karena akibat tidak memakai skincare. Kulit yang tidak sehat juga bisa menimbulkan komplikasi jika tidak anda tangani secara serius.

Tanpa bermaksud untuk menakut-nakuti anda, berikut beberapa konsekuensi yang mungkin akan anda hadapi jika anda tidak memakai skincare.

1.     Rentan Terhadap Penyakit Kulit

Tak hanya penyakit bawaan, kulit yang tidak anda rawat akan beresiko tinggi terkena penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat seperti kanker kulit. Hal tersebut bisa anda hindari jika anda memakai skincare product untuk menjaga kesehatan kulit.

2.     Dapat Menimbulkan Komplikasi Penyakit

Meski terdengar berlebihan, hal ini bisa saja terjadi. Karena kulit yang anda pakai untuk melindungi tubuh rusak, maka resiko organ di bawah kulit terkena penyakit juga tinggi.

3.     Mengurangi Rasa Percaya Diri

Kulit yang terlihat kusam tidak akan sedap untuk anda pandang. Hal ini akan menimbulkan menurunnya percaya diri seseorang. Karena, anda akan merasa kurang presentable jika kulit anda terlihat kusam.

Tapi sekali lagi ditekankan bahwa hal-hal tersebut tak ada pengaruhnya dengan warna kulit sejak lahir. Sebenarnya, yang penting adalah bagaimana kulit terlihat bersih dan bersinar meskipun dengan warna kulit yang berbeda-beda.

Namun, anda juga perlu memperhatikan produk yang akan anda pilih. Pilihlah skincare routine yang baik dan terpercaya. Misalnya anda menggunakan skincare routine dari QNET yang bisa dipakai siapa saja.

Yang Perlu Anda Perhatikan

Hindari produk yang mungkin dapat menimbulkan gejala alergi di kulit anda. Temukan juga produk-produk kecantikan yang tidak mengandung zat-zat berbahaya.

Karena kondisi kulit manusia yang berbeda-beda, maka perawatan yang anda pilih juga pasti berbeda. Anda juga harus memastikan produk yang anda pilih memiliki sertifikat atau izin yang legal.

Selain itu, tak semua skincare routine memiliki pemecahan yang sama untuk semua kategori perawatan kulit. Anda perlu menilai kembali jenis perawatan yang cocok dengan kondisi kulit yang anda miliki.

Jangan sampai anda tergoda dengan harga perawatan kulit yang murah meriah. Namun, bukannya meningkatkan kondisi kulit, akhirnya malah memperburuk dan meningkatkan resiko penyakit kulit.

Jika Sudah Memakai Skincare

Misalnya anda sudah memutuskan produk perawatan kulit mana yang anda inginkan dan butuhkan. Lalu apa langkah selanjutnya?

Gunakanlah produk tersebut secara rutin dan berkala. Gunakan sesuai dengan takaran dan kebutuhan anda juga. Jangan sampai berlebihan dalam memakai produk yang anda beli.

Jika ingin hasil yang maksimal, maka cycle penggunaan produk perawatan kulit tersebut juga harus teliti. Jangan sampai terhenti karena biasanya efeknya akan langsung terlihat.

Kesimpulan

Sebagai bagian tubuh paling luar dan paling terekspos, kulit tak hanya menjadi pelindung tubuh anda. Tapi, kulit sudah menjadi bagian dari identitas diri anda. Oleh karena itu, tak heran jika perawatan kulit atau skincare sangatlah anda butuhkan

Tak hanya melindungi, melainkan juga untuk mencegah kerusakan secara keseluruhan. Skincare juga saat ini menjadi komoditas esensial yang harus anda miliki.

Tak hanya jenis kulit, anda juga harus memperhatikan pola kerja anda, kegiatan anda apakah banyak indoor atau outdoor, hingga pola hidup. Mulai dari diet, stress, hingga fitness dari tubuh anda.

Pada akhirnya, pilihan berada di tangan anda. Apakah anda ingin memiliki kulit natural dengan resiko yang mungkin anda hadapi, atau anda ingin menggunakan skincare untuk mencegah hal yang mungkin lebih buruk.

Jadi, tak ada salahnya jika anda menginvestasikan secara lebih untuk perawatan kulit anda. Bukan hanya untuk terlihat lebih baik saja, tapi juga untuk meningkatkan kesehatan dan perlindungan kulit anda.

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini