Senin, Desember 5, 2022

4 Manfaat Utama Psyllium Husk Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Psyllium Husk adalah serat mudah larut yang berasal dari biji Plantago ovata atau yang disebut dengan ispaghula. Tanaman ini dikenal memiliki sifat laksatif, dengan kata lain, dia dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Ternyata tidak hanya itu, tanaman ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah manfaat psyllium husk jika kita konsumsi ia tiap hari.

1. Psyllium Husk melancarkan pencernaan

Fox Body GIF by Animation Domination High-Def - Find & Share on GIPHY

Memang, kami sudah menyebutkan bahwa Psyllium Husk bisa membantu melancarkan sistem pencernaan kita, tapi Psyllium Husk memiliki peranan penting dari segi membuang semua zat sisa yang tidak bisa dikeluarkan secara alami. Semua makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, tidak semuanya dicerna dan dibuang saat kita pergi ke kamar mandi. Oleh karena itu, Psyllium Husk mempermudah dan meningkatkan kinerja sistem pencernaan kita juga.

2. Menjaga berat badan

Feet Scale GIF by LooseKeys - Find & Share on GIPHY

Psyllium husk bekerja di dalam tubuh dengan menyerap air. Ini akan membantu tubuh untuk merasa lebih mudah kenyang, dikarenakan saat Psyllium husk menyerap cukup air, dia akan memiliki konsistensi seperti agar-agar.

Dengan begitu, ini akan membuat seseorang mampu mengontrol jumlah porsi makanan yang dikonsumsi, karena Psyllium husk akan mengisi lambung dengan konsistensinya setelah menyerap cukup air.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Heart Correr GIF by Novo Nordisk - Find & Share on GIPHY

Serat larut air pada sekam biji psyllium mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Studi yang diterbitkan pada jurnal PLoS One (2012) menemukan bahwa konsumsi 6 gram psyllium husk per hari selama enam minggu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat sebanyak enam persen. Lantas, bagaimana cara kerjanya? Jel kental yang terbentuk dari serat larut air akan mengikat lemak dan asam empedu yang mengandung kolesterol.

Asam empedu tersebut akan dikeluarkan dari tubuh melalui feses. Jadi, kolesterol tidak dilepaskan ke pembuluh darah sehingga kadarnya pun berkurang.

4. Mengendalikan gula darah

Type One Diabetes GIF by diababelife - Find & Share on GIPHY

Konsumsi Psyllium husk dilaporkan dapat mengendalikan respons glikemik tubuh terhadap makanan, seperti dengan mengendalikan hormon insulin dan kadar gula darah.

Psyllium husk bekerja lebih efektif untuk mengurangi respons glikemik tersebut dibandingkan jenis serat lain. Pasalnya, psyllium dapat berubah bentuk menjadi gel dan memperlambat pencernaan makanan – yang kemudian juga mengendalikan gula darah. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi Qberry saat makan dan bukan saat perut kosong. QBerry adalah minuman berserat premium yang diformulasikan menggunakan serat alami, seperti Psyllium husk, serta ekstrak buah dan sayuran.

psyllium husk

QBerry bekerja dengan menyerap dan menghilangkan lemak dan zat berbahaya lainnya dari tubuh yang dapat ditemukan di saluran pencernaan. Selama proses ini, usus Anda dibersihkan dan tubuh mengalami detoksifikasi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Qberry, dapat Anda lihat pada halaman ini.

Anda mungkin juga menyukai:

Berita terkini
spot_img
Berita terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini