10 Tips Mudah Menghemat 100 Liter Air Sehari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut beberapa tip yang mudah diikuti untuk menghemat setidaknya 100 liter air sehari, dipersembahkan oleh HomePure. Dengan 97,5% dari seluruh air dunia terkunci di laut, sungai, dan samudra, yang terlalu asin atau terlalu tercemar untuk dikonsumsi, sangat penting untuk menggunakan sumber daya alam ini dengan hati-hati. Kita tidak hanya minum air, kami juga membutuhkannya untuk layanan penting seperti produksi tanaman. Lebih penting dari sebelumnya untuk melakukan apa pun yang kami bisa di rumah untuk mengurangi tekanan pada pasokan air tawar. Jadi mari kita hemat air!

1. Matikan Keran Anda

Tahukah Anda bahwa dengan mengumpulkan air dalam cangkir, dan menggunakan air tersebut saat menggosok gigi, sebenarnya Anda menghemat 6 liter per menit? Dengan mematikan keran saat Anda menyikat gigi dan memperbaiki keran yang bocor, Anda akan menghemat setidaknya 60 liter seminggu.

2. Makan Makanan Musiman

Sayuran dan Buah-buahan yang baik untuk tubuh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengan membuat pilihan sadar untuk makan makanan musiman, Anda membantu menghemat air DAN membantu perubahan iklim. Buah dan sayuran yang tidak bersifat lokal atau musiman membutuhkan banyak air untuk diproduksi. Jika memungkinkan, belilah makanan lokal, tetapi yang terpenting, belilah makanan yang sedang musim.

3. Lakukan Mandi yang Efisien

Mandi selama 10 menit menghabiskan 90 liter air. Bukankah itu mengejutkan? Dengan mengurangi setengah waktu yang Anda habiskan untuk mandi, Anda menghemat setidaknya 45 liter air! Mematikan pancuran saat Anda menyabuni juga merupakan cara yang bagus untuk menghemat air.

4. Menghemat Pakaian Kotor Untuk Muatan Penuh

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika memungkinkan, tunggulah untuk mencuci pakaian sampai Anda memiliki banyak pakaian kotor, terutama jika Anda menggunakan mesin cuci. Mesin yang memuat pakaian penuh menggunakan lebih sedikit air dan energi dibandingkan jika Anda mencuci pakaian kapan pun Anda mau, menghemat setidaknya 52 liter per minggu.

5. Kukus Sayuran Anda

Alih-alih merebus sayuran, kukus makanan Anda. Anda hanya membutuhkan kurang dari setengah air, dan sayuran Anda akan mempertahankan rasa dan nutrisinya. Jika Anda merebus, gunakan kembali air itu dalam masakan Anda yang lain – untuk membuat kaldu atau saus, misalnya.

6. Dapatkan Toilet Penyiram Ganda

Sebuah keluarga rata-rata menyiram toilet mereka setidaknya 5.000 kali setahun, yang berarti mencapai 13 liter per penyiraman. Jika Anda mengganti tangki toilet ke sistem penyiraman ganda, Anda hanya akan menyiram 6 liter atau 4 liter pada penyiraman yang dikurangi. Bayangkan berapa banyak air yang bisa Anda hemat dalam setahun!

7. Mengurangi Pemborosan Makanan

Sereal, biji-bijian, dan sayuran yang Anda makan membutuhkan banyak air untuk diproduksi. Hampir setengah dari makanan yang dibuang ke tempat sampah sebenarnya bisa dimakan. Tidak hanya membeli apa yang Anda butuhkan akan menghemat banyak uang, tetapi Anda juga akan melakukan sedikit hal untuk menghentikan pemborosan air. Untuk beberapa tip praktis tentang cara mengurangi limbah makanan, kunjungi Love Food Hate Waste.

8. Cuci Dengan Cara Kuno

Jika Anda memiliki mesin pencuci piring, pastikan mesin sudah terisi penuh sebelum Anda menggunakannya. Mirip dengan mesin cuci, muatan penuh akan menghemat lebih banyak air daripada jika Anda melakukan setengah muatan. Tetapi cara terbaik untuk menghemat air adalah dengan melakukannya seperti yang biasa dilakukan orang tua kita – dengan cara lama berendam dalam mangkuk cuci. Rendam piring Anda di dalam bak berisi air, dan bilas dengan semangkuk air bersih lainnya.

9. Buat Pilihan yang Lebih Ramah Lingkungan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Satu hal menarik tentang pipa selang, ia dapat menggunakan hingga 1000 liter air per jam! Menggunakan kaleng penyiram atau ember saat Anda berkebun atau mencuci mobil akan menghemat begitu banyak liter air sehari. Mengumpulkan air hujan adalah cara lain untuk menangkap air tawar. Memasang tangki air hujan akan menghemat 5.000 liter air setahun.

10. Beli Filter Air

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Filter air HomePure Anda tidak hanya membantu menghemat air tetapi juga membantu menyelamatkan planet ini. Saat Anda menyaring air Anda, Anda memastikan bahwa semua air Anda digunakan. Dengan menggunakan filter, Anda mengurangi penggunaan botol air plastik yang pada gilirannya mengurangi polusi plastik. Kita membutuhkan 8,5 liter air untuk menghasilkan satu botol plastik. Bayangkan berapa banyak air yang Anda bantu hemat dalam setahun dengan menukar ke filter air HomePure dan botol air Anda yang dapat digunakan kembali!

Kita hanya memiliki satu planet, dan sumber daya kita terbatas. Sangat penting untuk melakukan bagian kita untuk menjaganya. Manakah dari tips menghemat air berikut yang akan Anda coba tahun depan? Apakah Anda memiliki tip menghemat air yang dapat Anda bagikan kepada kami? Kami ingin tahu. Tinggalkan komentar untuk kami.

Anda mungkin suka:

QNET dan HomePure Menyambut Perubahan Iklim Bertema Hari Air Sedunia 2020