Apakah Anda sering mengalami kesulitan dalam melakukan direct selling? Salah satu hal yang membuat produk tidak mudah terjual ialah karena strategi pemasaran yang kurang tepat.

Melakukan promosi merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan penjualan. Promosi dilakukan untuk membuat orang lain mengenali produk dan menjadi tertarik untuk membelinya.

strategi pemasaran

Pemasaran memang bukan hal yang mudah, namun bukan berarti hal ini tidak bisa dipelajari. Dengan menentukan strategi pemasaran yang tepat, berjualan bukanlah hal yang sulit namun justru menjadi menyenangkan.

Sebagai perusahaan penjualan langsung yang mendunia, menyatukan ribuan pelanggan dan distributor di dunia. Membantu ribuan orang yang ingin merubah nasib dengan berjualan produk berkualitas.

Qnet juga mendidik, menginformasikan serta melatih para distributor untuk menjalankan bisnis dengan baik. Dalam pelatihan tersebut, terdapat berbagai strategi promosi yang baik untuk mengembangkan bisnis secara lebih luas.

Berikut Ini Ialah Beragam Strategi Pemasaran Qnet Yang Bisa Anda Pelajari dan Ikuti.

1. Menentukan Target Pasar Yang Sesuai

Sebelum melangkah lebih jauh ke strategi pemasaran terbaik, Anda harus mengetahui siapa target pasar yang ingin dituju. Jika tidak memiliki target pasar yang jelas, maka pemasaran tidak akan terarah dengan jelas.

Dalam melakukan bisnis, tentu Anda tidak akan mampu mengerjakan dan mendapatkan semua pasar dalam satu segmen. Oleh karena itu, kenali produk dengan baik dan tetapkan siapa yang akan menjadi target pasar.

Tentukan target pasar yang dinilai cocok dan sangat membutuhkan produk yang Anda sediakan. Besar kecilnya target pasar harus disesuaikan dengan kemampuan dengan mempertimbangkan banyak hal.

Kemudian susun target apa saja yang potensial dimana Anda bisa memprioritaskan target pasar. Penentuan target market yang potensial bisa dilakukan dengan mengukur peluang dari terjadinya penjualan.

Namun, target ini tidak boleh membuat pandangan pebisnis menjadi sempit dan tidak melihat peluang lainnya. Bisa saja Anda mampu menemukan target pasar lainnya yang tak kalah potensial.

Strategi Pemasaran

2. Memiliki Dampak Sosial Yang Baik Untuk Lingkungan

Kegiatan bisnis tidak hanya fokus untuk melakukan penjualan dan mencapai keuntungan yang maksimal. Namun, bisnis dan perusahaan juga harus melakukan tanggung jawab sosial untuk lingkungan sekitar.

Terlebih saat ini konsumen sangat mengapresiasi perusahaan maupun bisnis yang memberikan dampak baik kepada sesama. Hal hal baik ini bisa meningkatkan nilai perusahaan sehingga menjadi lebih baik.

Qnet sebagai perusahaan kelas dunia sangat memperhatikan tanggung jawab sosial untuk membantu sesama. Bekerjasama dengan yayasan RYTHM, Qnet telah membuat berbagai perubahan nyata di belahan dunia.

Terdapat berbagai hal yang dilakukan untuk kegiatan sosial ini dan melibatkan karyawan Qnet. Para karyawan pun memiliki kewajiban untuk bekerja sosial selama 16 jam di komunitas yang dipilih.

Berbagai kegiatan dilakukan mulai dari membersihkan lingkungan, mengecat rumah lansia, memberi makan tunawisma dan kegiatan positif lainnya.

3. Menginspirasi Banyak Orang

Tentu, tujuan utama dari setiap bisnis ialah untuk mendapatkan banyak pelanggan yang akan membeli produk yang ditawarkan. Disisi lain, produk juga harus menginspirasi banyak orang.

Setiap produk yang dipasarkan oleh Qnet Bisnis mengajak penggunanya untuk melakukan hal hal baik. Diantaranya ialah produk kesehatan yang mengingatkan setiap orang untuk lebih rutin menjaga kesehatan.

Oleh karena itu, saat memasarkan produk pebisnis juga harus mampu memberikan inspirasi untuk banyak orang. Perhatikan dan teliti apa nilai yang ada dalam produk tersebut yang dapat dibagikan kepada orang lain.

Semakin banyak orang yang terinspirasi dari cerita dan nilai produk yang ditawarkan, maka akan semakin besar peluang produk tersebut laris.

Alih alih menjual produk secara gamblang, para pembeli akan tertarik jika produk memiliki emotional branding. Dengan langkah ini maka banyak pembeli yang berpikir bahwa dengan menggunakan produk yang dijual berbagai masalah akan selesai.

4. Melakukan Pemasaran Dengan Cara yang Menarik

Pemasaran menjadi kunci utama untuk dapat memperkenalkan produk kepada khalayak luas dan dikenal sebagai produk berkualitas. Setiap pemasaran produk harus dipikirkan dengan baik agar penjualan berjalan sukses.

Di era modern saat ini, persaingan bisnis semakin ketat sehingga para pebisnis harus lebih kreatif. Jika pemasaran dilakukan dengan cara yang biasa dan monoton, maka orang orang tidak akan tertarik untuk sekedar mengetahui apa yang Anda pasarkan.

Qnet mengajarkan para anggotanya untuk mampu memasarkan produk dengan kreatif dan baik. Tentunya, dengan mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan berbagai platform yang ada.

Buatlah iklan yang menarik mulai dari foto produk yang indah, video review produk yang membantu para pembeli. Gunakan berbagai sosial media untuk mempromosikan produk, pastikan tampilan sosial media menarik dan beda dari yang lain.

Anda bisa memanfaatkan internet marketing untuk menjangkau para pembeli lebih luas lagi. Jaringan internet yang luas membuat Anda bisa memasarkan produk ke seluruh wilayah hingga luar kota bahkan luar negeri.

5. Bangun Hubungan Yang Baik Dengan Konsumen

Perbedaan Direct Selling dan Personal Selling diantaranya ialah cara mendekati konsumen. Dimana pada personal selling sistem penjualan yang dilakukan ialah dari penjual langsung ke konsumen. Produk yang dipasarkan tidak akan ditampilkan melalui pusat perbelanjaan apapun.

Hal ini membuat Anda harus melakukan pendekatan secara langsung ke konsumen dengan baik.

Langkah selanjutnya yang cukup penting dalam melakukan direct selling adalah membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Setelah mendapatkan calon konsumen yang potensial bangunlah hubungan baik dengan mereka.

Dengan membangun hubungan yang baik, maka calon konsumen akan ingat produk apa yang Anda tawarkan. Lakukan pendekatan yang tepat agar calon konsumen tersebut tertarik untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan.

Lakukan komunikasi yang aktif dengan konsumen seperti menyapa untuk hal hal kecil. Dengan cara ini, maka konsumen dan penjual akan tetap terhubung sehingga memudahkan Anda untuk melakukan penawaran produk.

6. Kenali Target Dan Sesuaikan Komunikasi Dengan Jelas

Setiap target pasar memiliki pendekatan yang berbeda beda termasuk dalam gaya bahasa untuk melakukan promosi. Qnet memiliki beragam produk yang memiliki pasar berbeda beda, oleh sebab itu setiap pemasar harus memahami bahasa apa yang sebaiknya digunakan.

Misalkan untuk produk jam tangan mewah dan perhiasan, target pasarnya ialah orang orang yang peduli dengan penampilan. Maka dalam melakukan promosi, Qnet mengedepankan informasi mengenai pentingnya penampilan dan kualitas produk.

Jika produk yang dipasarkan ialah produk kesehatan, maka sasaran utamanya ialah orangtua maupun orang yang ingin hidup sehat. Khusus untuk target pasar orangtua, maka lakukan pendekatan yang sederhana dan mudah dimengerti.

Kenali target pasar dan lakukan riset bagaimana menghadapi berbagai orang dari berbagai lapisan yang berbeda. Dengan komunikasi yang jelas dan tepat, tidak diragukan lagi bahwa produk Anda akan semakin laris terjual.

7. Melakukan Inovasi Secara Konsisten

Dunia mengalami perubahan yang sangat cepat bahkan dalam hitungan detik. Setiap industri harus mengikuti perubahan tersebut agar bisa tetap bertahan dan digunakan oleh berbagai kalangan.

Qnet selalu melakukan inovasi secara konsisten mulai dari pemasaran, pengemasan hingga produk yang disediakan. Dengan mengenali kebutuhan masyarakat saat ini, produk yang dikeluarkan akan lebih mudah terjual.

Sebagai pebisnis, Anda bisa mengikuti strategi penting satu ini yakni terus melakukan pembaruan. Misalnya dari fungsi produk yang mengikuti perkembangan zaman dan memenuhi kebutuhan banyak orang.

Jika Anda menjalankan bisnis makanan, maka makanan tersebut tidak hanya sekedar menyenangkan. Namun, harus ada inovasi lainnya misalnya mudah dikonsumsi, rendah kalori hingga dibuat dari bahan bahan organik.

Setiap produk dengan inovasi baru akan lebih mudah menarik perhatian masyarakat. Oleh karena itu, pastikan Anda terus melakukan inovasi agar mampu bertahan dan bersaing dengan bisnis lainnya.

8. Bekerja Sama Dengan Merk Lainnya

Strategi Pemasaran QNET

Banyak perusahaan dan merk besar yang melakukan kerjasama dengan merk lain untuk mendongkrak keuntungan penjualan. Kolaborasi dengan merk lain termasuk strategi bisnis yang layak untuk dilakukan.

Keuntungan dari melakukan kolaborasi ialah Anda bisa mendapatkan pasar dari merk lainnya. Selain itu, merk bisnis juga semakin dikenal luas karena pemasaran dilakukan oleh 2 merk sekaligus.

Mungkin Anda berpikir bagaimana bisa melakukan kerjasama sementara merk bersaing satu sama lain? Ternyata, banyak merk besar yang telah melakukan kolaborasi dengan merk lain dan berhasil menarik konsumen baru.

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan ialah meningkatkan nilai bisnis dan memiliki asosiasi yang lebih kuat. Banyak biaya besar yang bisa menjadi lebih murah karena ditanggung bersama.

Namun, Anda harus memilih dengan tepat brand yang ingin diajak untuk berkolaborasi bersama. Dengan pemilihan brand yang tepat, maka penjualan bisa menjadi lebih besar dari pasar yang sama.

QNET berkolaborasi dengan Manchester City dan meluncurkan Cimier QNETCity Collection yang sangat popular di kalangan penggemar sepak bola, terutama penggemar Manchester City dan penggemar jam tangan mewah.

9. Menjadi Sponsorship Acara

Strategi lainnya dari Qnet yang bisa dicontoh untuk memajukan bisnis ialah dengan menjadi sponsorship berbagai acara. Menjadi sponsorship dan mendukung kegiatan tertentu dapat menambah nilai perusahaan menjadi lebih baik.

Cara ini juga merupakan strategi untuk memperkenalkan produk Anda kepada khalayak ramai. Qnet sendiri sebagai salah satu contoh direct selling kelas dunia telah menjadi sponsor berbagai klub bola dunia.

Diantaranya ialah Manchester City, Petaling Jaya City Footbal Club hingga sponsor resmi konfederasi sepak bola Afrika. Kegiatan sponsorship ini mampu memperkenalkan merk Qnet kepada khalayak ramai.

Selain itu, kegiatan sponsorship juga mampu mengenali berbagai kesamaan antara bisnis dan acara yang disponsori. Misalkan pada kasus Qnet, bisnis dan olahraga memiliki beragam kesamaan seperti kerja keras, fokus dan konsistensi.

Anda juga bisa menjadi sponsor untuk berbagai acara yang memiliki nilai sama dengan bisnis Anda. Pilihan kegiatan tersebut sangat beragam mulai dari konser, acara lari hingga beragam lomba lainnya.

10. Belajar Dari Kesalahan

Tidak ada yang menjamin bahwa bisnis akan berjalan baik baik saja dan tanpa ada hambatan. Wajar jika dalam melakukan bisnis terdapat beberapa kegagalan yang dialami.

Namun Qnet mengajarkan para anggotanya untuk tidak berlarut dalam kegagalan dan mengambil pelajaran. Cari tahu, apa yang menjadi penyebab dari kesalahan bisnis yang Anda lakukan.

Kemudian cari celah untuk memperbaikinya dan aplikasikan dalam kegiatan selanjutnya. Dengan mengetahui banyak hal, maka Anda bisa mencegah terjadinya kesalahan dalam bisnis dan mendapatkan keuntungan maksimal.

Itulah 10 strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan strategi bisnis sendiri. Setiap bisnis tentu memiliki pola yang berbeda, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Qnet sebagai pelaksana direct selling memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk memperkenalkan produknya. Tidak hanya sekedar mencari keuntungan, strategi tersebut dilakukan untuk menambah nilai bisnis produk Qnet.