Keunggulan Jam Tangan Swiss

Horologi dan Swiss adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Negara kecil di Eropa yang memiliki gunung salju nan indah ini tersohor dengan industri jam tangan yang besar dan maju. Bahkan di sana pun ada sekolah khusus membuat jam tangan.

Swiss memang memiliki banyak pabrikan jam tangan terkenal yang karyanya dipakai oleh para pesohor dunia. Swiss memimpin industri pembuatan jam dengan kualitas, presisi, dan kinerjanya.

QNET memiliki kesempatan langka untuk berbicara dengan Sebastien Rousseau, seorang veteran dalam perancangan dan pembuatan jam tangan Swiss. Kalau kamu berkunjung ke stand Cimier pada V-CON Malaysia lalu, kamu mungkin tak asing lagi dengan wajahnya. Inilah yang dia katakan tentang pembuatan jam tangan Swiss.

Stan Cimier di V-CON Malaysia 2017.

Keunggulan sejarah
Swiss memiliki sejarah panjang dalam pembuatan jam tangan yang lebih dari 400 tahun. Pembuat jam asal Swiss selalu terkenal karena kemampuan yang legendaris dan perfeksionisme mereka. Rahasia keahlian teknis dan perakitan gerakan mekanis telah diwariskan dari generasi ke generasi oleh para grandmaster yang merancangnya dengan harapan panjang.

Jarum jam dari batu
Salah satu rahasia pada pergerakan jam tangan Swiss adalah jarum jam dibuat dengan batu yang keras seperti rubi. Fungsinya untuk mengurangi gesekan. Mungkin aneh bagi sebagian orang, tapi teknik kuno ini adalah rahasia gerakan jam yang presisi.

Jarum jam banyak yang dibuat dari logam, namun ketika logam bergesekan dengan logam akan merusak pivot dan menurunkan daya tahan jam. Batu yang keras akan bertahan lebih lama, membuat gerakan lebih halus dengan akurasi yang meningkat.

Pembuat jam Swiss menggunakan minyak untuk melumasi batu agar pergerakan lancar. Bahan yang digunakan dalam jam buatan Swiss sangat kuat dan tahan terhadap korosif terutama saat berada di iklim dan suhu yang keras.

Faktor lain yang membuat jam tangan Swiss istimewa adalah berbagai komponen yang sangat kecil dan rumit itu dirakit dengan tangan. Komponen logam dan pin dibuat dengan bahan kelas satu. Tujuannya agar jam tangan bertahan dalam waktu lama.

Kualitas berbanding lurus dengan harga
Ini mungkin bagian yang kurang menyenangkan buat kamu. Berbagai merek mewah memproduksi jam tangan di Swiss yang kemudian dibanderol dengan harga tinggi. Namun apa yang kamu bayarkan akan sesuai dengan kualitas yang kamu dapat.

Selain kualitas, ketahuilah bahwa saat kamu membeli arloji Swiss, kamu mendapatkan lebih dari sekedar jam tangan. Kamu mendapatkan sejarah panjang tradisi dan keunggulan.

Tambahkan Komentar

Dapatkan update terkini
QBuzz Indonesia di inbox anda

Berlangganan ke milis kami.

Terima kasih untuk berlangganan

Sesuatu telah salah