Aksi Sosial QNET Indonesia Sepanjang 2017

Sepanjang tahun 2017 bagi QNET Indonesia berpartisipasi dalam aktivitas sosial baik itu dalam format Corporate Social Responsibility (CSR) dan Staff Social Responsibility (SSR). Ini merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Berikut ini tema kegiatan CSR QNET Indonesia di 2017:

1. Hari Air Sedunia – Maret 2017
Ini merupakan agenda pertama CSR QNET di 2017. Staff QNET kantor Surabaya berkolaborasi dengan kelompok mahasiswa pecinta lingkungan Institut Teknologi Surabaya mengampanyekan air bersih di kecamatan Bulak, Surabaya yang terletak di tepi pantai Kenjeran.

Pada kegiatan ini QNET dan para mahasiswa memberikan penyuluhan tentang pentingnya air bersih. Mayoritas penduduk di sana merupakan keluarga menengah ke bawah dan bekerja sebagai nelayan. Mereka sulit mendapatkan air bersih dan harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk membeli air galon. QNET menyumbangkan Homepure untuk dapat dimanfaatkan masyarakat.

2. Hari Kesehatan Sedunia – April 2017
Banyak anak enggan menyikat gigi secara teratur. Padahal jika mereka tahu manfaat rutin menyikat gigi, tak diragukan lagi mereka tidak akan meninggalkan kebiasaan ini. Perawatan gigi sejak dini bermanfaat bagi jangka panjang bahkan setelah mereka tumbuh dewasa.

Para staff QNET Indonesia menyelenggarakan kegiatan SSR di SDN 01 Karet Pagi, Jakarta untuk mengajarkan anak-anak yang penting tentang perawatan gigi dan cara menyikat gigi dengan benar. Dalam kegiatan ini, QNET mengajak seorang dokter gigi untuk memberikan informasi yang benar mengenai cara menyikat gigi.

QNII menyediakan bahan seperti sikat gigi, pasta gigi,, handuk, mug untuk anak-anak. Selain itu QNII juga memberikan peralatan sekolah kepada siswa dan poster “cara menyikat gigi dengan lembut” untuk ditempatkan di dinding sekolah.

3. Donasi peralatan sekolah yang terkena banjir di Garut – April 2017
Pada 2016, Garut mengalami musibah banjir bandang yang merenggut korban jiwa dan harta benda. Banjir ini juga telah menghancurkan beberapa sekolah dan alat pembelajaran. Bahkan siswa di satu sekolah pun harus duduk di lantai selama belajar. Dan ini terus berlangsung di beberapa sekolah selama beberapa bulan setelah kejadian.

Atas dasar keprihatinan ini, QNET pun melakukan untuk menentukan sekolah yang perlu mendapat bantuan. Lalu didapatkan tiga sekolah yang sangat membutuhkan bantuan agar kegiatan belajar dapat berjalan nyaman, yaitu SDI Namiatus Sibyan, PAUD Tunas Harapan Bangsa, dan Madrasah Al Amin.

Kepada tiga sekolah tersebut, QNET menyumbangkan meja belajar, kursi, dan alat pembelajaran lainnya untuk menunjang aktivitas belajar. Seluruh bantuan dipesan langsung di Garut dengan harapan agar dapat menaikkan gairah perekonomiannya.

4. CSR Ramadhan – Juni 2017
Di bulan yang penuh berkah ini QNET menyelenggarakan program CSR di tiga kantor sekaligus, yaitu Jakarta, Surabaya dan Bali. Di Surabaya, kegiatan CSR berlangsung megah. QNET mengundang anak-anak yatim untuk berbuka puasa bersama. Kantor Surabaya pun dihias bernuansa padang pasir. Selain itu, anak-anak juga mendapat suguhan dongeng yang seru. QNET membagikan peralatan sekolah kepada anak-anak.

Sementara di Jakarta, para staff berbuka puasa bersama dengan komunitas BGBJ di Tempat Pembuangan Sampah Akhir di Bantar Gebang, Bekasi. Sementara staff kantor Bali menyumbangkan kebutuhan pokok ke yayasan yatim piatu.

5. Coaching Clinic – Juli 2017
QNET mengundang pelatih akademi Manchester City ke Jakarta untuk melatih anak-anak yang tinggal di rusun sekitar Jakarta. Mereka umumnya datang dari kalangan bawah namun berbakat dalam sepakbola dan pernah berkompetisi di gelaran Jakarta Rusun Festival.

6. Rawat bumi dengan menanam mangrove – Agustus 2017
Kawasan pantai sebagai ekosistem mangrove telah menjadi sabuk hijau (sea belt) antara laut dan darat jika terjadi bencana alam. Tapi karena pertumbuhan kota yang pesat, banyak hutan mangrove diubah menjadi kawasan komersial. Mereka sekarang menjadi kawasan pabrik, pergudangan dan bahkan berubah menjadi komplek perumahan elit dengan menjual pemandangan laut ke pembelinya. Banyak yang terusir dari hilangnya mangrove, termasuk ekosistem laut.

Staff QNET menjalankan program menanam mangrove bekerjasama dengan IMARF. Kegiatan ini berlangsung di tepi pantai Marunda, Jakarta Utara. Kegiatan ini untuk membantu hutan mangrove tetap berkelanjutan. Hutan mangrove memiliki manfaat bagi kehidupan: Mencegah pasang surut air laut yang mengalir ke kota, mencegah erosi dan abrasi pantai, sebagai habitat dan sumber makanan bagi banyak hewan, dan banyak lainnya.

7. Donasi untuk SOS Children Village Bandung – Oktober 2017
Setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan perawatan berkualitas. QNET mengharapkan bahwa anak-anak tumbuh dalam lingkungan keluarga yang aman dan penuh perhatian sehingga mereka dapat mengembangkan dan mencapai potensi penuh mereka. Namun tidak semua anak tumbuh dalam kondisi demikian. SOS Children Village merawat anak-anak dari berbagai latar belakang.

Pada kegiatan CSR ini, staff menyisihkan waktu di saat outing untuk bercengkerama dan menyerahkan donasi kebutuhan pokok ke SOS Children Village di Lembang, Bandung.

8. Donasi untuk pengungsi erupsi Gunung Agung Bali – Oktober
Gunung Agung di Karang Asem, Bali menunjukkan aktivitas erupsi ketika itu. Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyarankan warga yang tinggal di sekitar gunung untuk meninggalkan rumah mereka dan berkumpul di tempat yang aman. Saat itu, jumlah pengungsi telah mencapai lebih dari 75.000 orang.

Mereka mungkin meninggalkan pekerjaan sehari-hari mereka hanya untuk berada di tempat yang aman. Beberapa pengungsi adalah anak-anak. Kami akan memberikan kebutuhan dasar untuk anak-anak dan orang dewasa, pakaian, dan makanan. QNET yang diwakili staff kantor Bali dan beberapa top leader bertindak cepat dengan mendatangi lokasi pengungsian untuk memberikan bantuan pokok berupa pakaian, makanan dan kebutuhan pokok untuk anak-anak.

One Response

  1. IMAM JUWONO January 3, 2018

Tambahkan Komentar

Dapatkan update terkini
QBuzz Indonesia di inbox anda

Berlangganan ke milis kami.

Terima kasih untuk berlangganan

Sesuatu telah salah